Faktor-Faktor Penyebab Kebakaran yang Sering Terjadi

Kebakaran merupakan suatu kejadian yaitu timbulnya api baik itu kecil maupun besar yang pada umumnya sulit untuk dikendalikan. Terjadinya kebakaran tentu tidak diinginkan semua orang, karena dapat merugikan keselamatan orang lain dan kerugian pada material. Tentunya banyak faktor yang menyebabkan kebakaran, bahkan terkadang kebakaran bisa terjadi di area yang tidak terduga. Namun, tanpa kita sadari ada beberapa faktor yang sering dianggap sepele malah menjadi penyebab suatu permasalahan.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakaran kita harus mengetahui apa faktor penyebabnya dan bagaimana cara untuk pencegahannya.

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab kebakaran:

1. Korsleting Listrik

Korsleting listrik menjadi suatu penyebab kebakaran yang bisa dibilang  paling sering terjadi yaitu dimana dua arus listrik positif dan negatif bersentuhan sehingga memicu percikan-percikan api yang mengakibatkan rusaknya suatu peralatan-peralatan elektronik atau benda lain yang mudah terbakar. Biasanya, korsleting terjadi ketika pemasangan listrik tersebut kurang tepat atau adanya kekeliruan, kabel terputus dan adanya kabel listrik yang sudah rusak. 

2. Lupa Mematikan Kompor

Kebakaran terjadi ketika seseorang lalai setelah memasak tetapi tidak mematikan kompor.  Kelalaian tersebut dapat menimbulkan awal suatu permasalahan terjadinya kebakaran.  Oleh karena itu, himbauan kepada semua orang untuk memastikan kompor sudah benar-benar mati dan perlu menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar sebelum ditinggalkan.

3. Tidak Menyediakan Alat Pemadam Kebakaran Otomatis

Banyaknya terjadi kebakaran karena sebagian orang tidak menyediakan alat pemadam.

Padahal alat ini merupakan menjadi penolong utama saat adanya kebakaran. Dengan begitu, Anda perlu menyiapkan alat pemadam kebakaran otomatis di setiap ruangan atau gedung. Karena alat ini digunakan untuk tindakan mencegah api sebelum api tersebut membesar dan alat ini akan bekerja secara otomatis ketika munculnya api. Anda bisa mendapatkan alat ini di  toko alat safety semarang.

4. Pembakaran Sampah

Pembakaran sampah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran. Hal ini disebabkan ketika ada seseorang yang lalai dan tidak bertanggung jawab meninggalkan sampah begitu saja yang sedang dibakar, sehingga sampah ini akan merambat pada benda yang mudah terbakar di dekatnya. Dengan begitu, dapat memicu api semakin membesar dan terjadilah kebakaran yang tidak diinginkan akibat kelalaian yang dilakukan. Maka pastikan sampah yang Anda bakar berada pada tempat yang benar dan sudah padam saat akan ditinggalkan.

5. Membuang Puntung Rokok 

Sebagian besar orang menganggap rokok sebagai kebiasaan pada kehidupan sehari-hari terutama untuk kalangan laki-laki . Namun, ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab terhadap puntung rokoknya dengan membuang sembarangan tanpa melihat terlebih dahulu ada atau tidaknya benda yang mudah terbakar seperti plastik, kertas dan kain saat akan membuangnya. Maka buanglah puntung rokok ditempat yang tepat dan pastikan api pada puntung rokok itu sudah padam sebelum dibuang.

6. Kebocoran Tabung Gas

Faktor terjadinya kebakaran resiko saat menggunakan kompor gas yaitu ketika tabung gas yang digunakan bocor. Sehingga akan meledak dan menimbulkan api maka terjadilah kebakaran. Kebocoran ini bisa terjadi karena pemasangan selang dan penutup gas tidak rapat, pastikanlah sudah memasangnya dengan erat. Gunakanlah tabung gas yang sesuai SNI demi keamanan Anda dan Jauhkanlah tabung gas dari benda yang bersumber panas. Hal ini dilakukan agar tabung gas tidak terkena paparan api yang kemungkinan akan memicu terjadi ledakan gas.

 

Itulah 6 faktor yang akan menimbulkan kebakaran. Hindari faktor-faktor yang sudah kami rangkum untuk Anda dengan menjaga keselamatan dan keamanan Anda. Kami berharap informasi ini bermanfaat yaitu dapat selalu mengingatkan Anda.