2 Cara Mengecek Listrik Gratis

Listrik adalah kebutuhan vital yang saat ini menopang kehidupan modern sebab semua kegiatan nyaris membutuhkan listrik untuk hal-hal yang sederhana seperti mencuci baju dan memasak. Oleh sebab itu keberadaan listrik adalah hal mutlak yang tak dapat diganggu gugat. Artinya tak mungkin hidup dengan layak dan normal tanpa listrik.

Ketergantungan pada listrik memaksa setiap orang harus membayarnya berapapun harganya dan bagaimanapun sulitnya. Seperti pandemi saat ini, banyak orang yang tak mampu membayar listrik akibat kehilangan mata pencaharian selama pandemi COVID-19.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berinisiatif memberikan bantuan listrik gratis pada masyarakat melalui PLN. PLN akan menyalurkan 12,02 triliun rupiah untuk membantu ekonomi masyarakat. Sampai enam bulan pertama, PLN telah menyalurkan 6,75 triliun rupiah.

Untuk rumah yang menggunakan listrik bertegangan 900 VA maka PLN akan memberikan listrik gratis  sebesar 25% dari harga pembelian token atau saat pembayaran listrik. Sedangkan untuk industri berskala kecil dan menengah, pemerintah mempunyai kebijakan untuk memberikan listrik gratis sebesar 50%.

Untuk mengecek apakah anda telah menerima listrik gratis dari PLN bisa dengan cara mengeceknya di aplikasi PLN Mobile ataupun situs resmi PLN. Untuk lebih lengkapnya dapat mengikuti seperti dibawah ini:

 

1. Menggunakan PLN Mobile

PLN merilis aplikasi PLN Mobile untuk beragam kebutuhan para pelanggannya. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan di AppStore. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecek apakah kita telah menerima listrik gratis dari PLN atau belum. Caranya sangat sederhana. Pertama instal aplikasinya terlebih dahulu lalu klik “Info Stimulus” nantinya anda akan diminta memasukan ID Pelanggan PLN kemudian klik kirim.

 

2. Menggunakan situs resmi PLN

Selain dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile, pengguna dapat juga menggunakan situs resmi PLN untuk mengecek apakah sudah mendapatkan listrik gratis atau belum. Caranya cukup mudah, pertama buka situs www.portal.pln.co.id kemudian masukkan data yang diminta seperti ID Pelanggan sampai dengan captcha. Setelah terisi selanjutnya klik simpan. Nanti akan muncul informasinya.