Yuk Ketahui Tentang Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik Routerboard

Bagi kamu yang sudah familiar dengan teknologi jaringan tentu saja sudah mengetahui bahwa mikrotik merupakan sebuah operasi sistem yang mempunyai basis linux yang digunakan pada sebuah perangkat router.

Perlu kamu tahu bahwa mikrotik ini dirancang secara khusus untuk bisa mempermudah para penggunanya dalam melakukan pengelolaan jaringan yang sudah dibuat.

Sistem pengelolaan yang terdapat pada sebuah routerboard mikrotik ini memaki sebuah program Windows yang biasanya disebut dengan sebutan Winbox.

Pada dasarnya program ini mempunyai berbagai macam fitur dan fungsi yang berhubungan dengan router mikrotik yang dapat dipasang seperti program pada umumnya.

Dalam hal ini masih banyak orang yang belum mengetahui secara jelas tentang kekurangan dan juga kelebihan yang ada pada routerboard mikrotik.

Oke, jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan dibahas secara menyeluruh tentang berbagai macam kelebihan dan juga kekurangan yang ada pada routerboard mikrotik.

Apa Itu Mikrotik?

Oke sebelum kita membahas tentang kekurangan dan juga kelebihan routerboard mikrotik, tentu saja kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang mikrotik itu sendiri.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa mikrotik ini merupakan sebuah operasi sistem dan juga merupakan sebuah software modern yang bisa digunakan untuk melakukan penghubungan berbagai macam perangkat yang digunakan user ke jaringan internet.

Di dalam perangkat ini tentu saja terdapat berbagai macam fitur canggih, misalnya seperti filter web, hotspot, mengatur IP, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya penggunaan dari mikrotik ini sangat cocok untuk berbagai macam kebutuhan yang berhubungan dengan jaringan komputer.

Hal tersebut karena perangkat ini mempunyai banyak fitur dan juga bisa mempermudah para penggunanya untuk melakukan pengelolaan jaringan yang sudah dibuat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan program ini untuk membuka sebuah usaha warnet atau jaringan berbayar yang terjangkau.

Jika kamu ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang router, maka kamu bisa mengunjungi situs routerku.com. Situs ini merupakan salah satu situs yang membahas tentang router paling lengkap, mulai dari IP address router sampai dengan spesifikasi router.

Kelebihan dan Kekurangan Routerboard Mikrotik

Oke setelah kita mengetahui tentang penjelasan lebih mendalam routerboard mikrotik, maka sekarang kita akan membahas lebih jauh tentang kelebihan dan juga kekurangan routerboard mikrotik.

Kelebihan Mikrotik

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan pada saat kamu menggunakan routerboard mikrotik, yaitu sebagai berikut:

  • Mempunyai berbagai macam fitur yang sangat canggih yang bisa kamu andalkan untuk memenuhi kebutuhan jaringan kamu.
  • Jika dibandingkan dengan yang lainnya, ini merupakan salah satu alternatif dengan harga yang terjangkau.
  • Tidak membutuhkan banyak tempat karena tidak membutuhkan berbagai macam perangkat tambahan lainnya sebagai penunjang.
  • Bisa kamu gunakan sebagai perangkat router dan juga repeater. Artinya multifungsi dan bisa menghemat biaya.
  • Mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda yang tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu.
  • Mempunyai user interface yang sangat mudah dipahami, bahkan orang yang baru pertama kali menggunakannya pun akan bisa dengan mudah menggunakannya.
  • Sudah bisa mendukung banyak model ethernet dan berbagai macam port jaringan yang ada.
  • Bisa digunakan untuk membuat sebuah jaringan yang mempunyai jangkauan dengan skala yang luas.

Kekurangan Routerboard Mikrotik

Selain mempunyai beberapa kelebihan yang sangat banyak, routerboard mikrotik yang merupakan produk buatan manusia tentu saja mempunyai beberapa kekurangan, yaitu sebagai berikut:

  • Dibutuhkan sebuah keahlian yang sangat khusus untuk bisa menggunakan jaringan dengan skala yang luas.
  • Slot ethernet yang disediakan bisa dibilang sangat terbatas. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menambahkan dengan hub atau dengan switch.