Wajib Tahu! Inilah Cara Kerja Septic Tank

WC atau kloset dibutuhkan oleh setiap hunian atau rumah sebagai tempat pembuangan kotoran. Untuk itu wajib juga memiliki septic tank agar kotoran tinja dibuang dengan tepat. Jika septic tank itu mulai penuh, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan sedot WC Depok jika anda berdomisili di daerah Depok.

Kotoran atau tinja yang tidak dibuang ke septic tank, misalnya langsung ke sungai atau tempat lainnya bisa mencemari lingkungan. Bukan tidak mungkin bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya untuk kesehatan.

Bagi Anda yang akan membangun rumah, maka pembuatan septic tank harus diperhatikan dengan baik. Agar tidak kebingungan ketika membuatnya, berikut ini ada referensi cara kerja septic tank.

Cara Kerja Septic Tank

Septic tank bisa diartikan sebagai wadah pembuangan limbah kotoran atau tinja yang berasal dari kloset hunian. Di beberapa tempat, septic tank tidak hanya dijadikan sebagai penampungan limbah atau kotoran.

Ada konstruksi septic tank terbaru yang terintegrasi dengan sistem pengelolaan lanjutan. Misalnya limbah kotoran tersebut diresapkan ke dalam tanah atau bahkan disalurkan ke tempat pengelolaan yang lebih besar agar bisa menghasilkan energi.

Ketika septic tank mulai penuh atau bahkan terjadi mampet, maka sedot WC bisa Anda pilih untuk mengatasinya. Untuk itu perlu disiasati dengan pembuatan septic tank yang sesuai aturan.

Konstruksinya bisa menggunakan sekat dinding bata, ini merupakan konstruksi yang banyak digunakan. Penutupnya bisa terbuat dari beton agar lebih kuat menanggung beban di atasnya.

Lengkapi dengan pipa T yang bertujuan untuk memaksimalkan udara yang bisa masuk ke dalam septic tank. Udara ini sekaligus berfungsi agar bakteri pengurai kotoran bisa tumbuh subur sehingga menguraikan kotoran di dalam septic tank.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan juga ketinggian air tanah di sekitar rumah atau hunian. Tak jarang yang mengalami septic tank penuh karena kondisinya bercampur dengan air tanah.

Selanjutnya, perhatikan juga jarak dengan sumber air bersih minimal 10 meter. Mengapa demikian? Tentu saja agar terhindar dari infiltrasi limbah terhadap sumber air bersih.

Terakhir, septic tank yang digunakan secara bersama-sama memang bisa-bisa saja. Namun perlu membatasinya dengan maksimal 5 rumah saja agar pengelolaan limbah kotoran lebih optimal.

Meskipun begitu, sedot WC selalu siap sedia untuk membantu Anda dalam menyelesaikan masalah WC atau kloset.