warna cat

Memilih Warna Cat Besi yang Tepat

Secara umum, cat untuk besi punya basis minyak. Hal ini karena daya tahan cat dengan kandungan minyak akan jauh lebih tahan lama dibandingkan cat dengan bahan dasar air. Cat besi dengan bahan minyak biasanya juga tidak perlu primer untuk melengkapinya.

Tidak hanya itu, jenis warna cat besi juga perlu diperhatikan guna mendapatkan warna yang nampak indah dipandang mata. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan kriteria pemilihan cat besi beserta paduan warna yang tepat untuk perabotan besi Anda.

Tips Memilih Cat Besi

1. Perhatikan Bahan Dasar

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, bahan dasar cat dengan kandungan minyak akan jauh lebih berkualitas untuk diaplikasikan pada bahan besi. Hal ini karena bahan besi berbeda dengan bahan kayu atau yang lebih rendah dari itu. Ketahanan bahan dasar minyak pada cat akan lebih bagus.

2. Punya Formula Anti Karat

Berbeda dengan kayu, besi akan lebih mudah mengalami karatan. Karenanya, dibutuhkan cat besi yang punya formula anti karat di dalamnya. Dengan begitu, cat bisa difungsikan sekaligus untuk melindungi besi dari korosi.

3. Anti Jamur

Selain korosi, besi juga tidak luput dari resiko terkena jamuran. Maka tidak ada salahnya jika Anda juga memilih cat yang bahannya punya kandungan anti jamur.

warna cat

Pilihan Paduan Warna Cat Besi yang Bagus

Selain memilih dari segi bahan dan keunggulan fungsinya, perlu juga dilakukan pemilihan warna cat besi yang tepat. Hal ini lebih berkaitan dengan estetika perabotan besi itu sendiri, contohnya seperti perabotan pagar besi. Di bawah ini adalah beberapa pilihan paduan warnanya.

Warna Putih dan Abu-Abu

Baik warna putih maupun abu-abu, keduanya merupakan jenis warna netral. Selain netral, kedua paduan warna ini merupakan warna yang dinamis dan tenang. Sangat cocok untuk Anda yang tidak menyukai warna mencolok.

1. Hitam Elegan

Jika Anda enggan memberikan dua jenis warna cat yang dipadukan, Anda bisa gunakan satu jenis warna saja. Contohnya adalah warna hitam elegan. Bahan dasar cat besi yang mengkilap berwarna hitam akan memberikan kesan yang mewah, namun tidak berlebihan.

2. Warna Hitam dan Emas

Masih berkaitan dengan warna hitam, kali ini Anda bisa manfaatkan warna emas sebagai perpaduan yang mewah dan istimewa.

Perpaduan warna ini cocok diaplikasikan pada pagar besi dengan model hunian rumah yang besar dan mewah. Pilihan warna ini juga sangat pas untuk Anda yang suka dengan model warna glamour.

3. Warna Senada

Kombinasi warna yang senada adalah pilihan yang tepat untuk memberikan kesan berkelas. Salah satu contohnya adalah warna abu tua dengan abu muda. Jika kedua warna senada ini dipadukan, maka perabotan besi bisa nampak lebih rapi dan berkelas.

Kedua warna ini juga cocok dipadukan untuk jenis model hunian minimalis. Paduan warna senada lain juga bisa Anda coba, misalnya warna navy dengan biru muda.

4. Abu-Abu dan Emas

Sekilas kedua warna ini mungkin nampak kontras yang tidak ada hubungan sama sekali. Namun jika diaplikasikan pada perabotan besi seperti pagar, maka pagar Anda akan nampak lebih mewah tapi tidak terlalu glamour.

Pilihan warna ini sangat tepat untuk Anda coba. Selain nampak mewah, kombinasi warna ini juga bisa memberikan kesan desain yang modern dan estetik.

Pemilihan warna cat besi memang perlu diperhatikan dengan baik. Apalagi jika pilihan warna tersebut untuk diaplikasikan pada pagar besi rumah Anda. Tampilan warna yang tepat akan membuat orang lain turut senang melihatnya.