Konsep Warna Cat Rumah Dalam Sudut Pandang Agama Islam

Sudah tahu, seperti apa sih konsep warna cat dalam sudut pandang agama Islam? Jika belum, berikut akan kami jelaskan untuk Anda. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Pada dasarnya memilih warna cat untuk rumah menurut Islam paling bagus dilakukan tanpa alasan. Pastinya akan ada banyak sekali tujuan, diantaraya agar rumah tersebut menjadi lebih berkah. Perlu diketahui, bahwa adanya pilihan warna warni cat yang baik juga dijadikan sebagai bentuk usaha untuk mengikuti ajaran baginda Nabi Muhammad SAW. Meski ada begitu banyaknya pilihan warna cat yang tersedia, tetapi pada kenyataannya tidak semua warna baik digunakan jika Anda memang berpegangan pada prinsip ajaran agama Islam.

Ini Konsep Warna Cat Rumah Dalam Pandangan Islam

Dalam Al-Quran dan Hadist, warna yang dipandang baik adalah warna yang mempunyai makna positif, seperti warna hijau, putih, dan kuning. Sebaliknya, ada juga warna dengan asosiasi yang kurang baik dalam Islam, salah satunya ialah warna hitam dan merah. Namun agar lebih jelasnya mari simak ulasan berikut tentang konsep warna cat rumah dalam sudut pandang agama islam berikut ini.

Hijau

Warna cat hijau dalam sudut pandang agama Islam disebut sebanyak 4 kali dalam Al-Quran dan menjadi bagian sifat dari tumbuhan, pakaian, dan bantal. Meskipun demikian, menurut beberapa ulama, dalil yang membahas mengenai warna hijau ini ternyata bukan menjadikan warna tersebut sebagai warna eksklusif, hanya saja warna tersebut yang diutamakan. Warna hijau menjadikan pilihan warna cat hunian paling bagus dalam Islam, sebab menjadi simbol sejuk, ketenangan, dan kedamaian, baik saat ini di dunia maupun akhirat.

Putih

Seperti yang kita tahu bersama, putih menjadi warna yang paling difavoritkan sebab menjadi lambang untuk kesucian. Pemilihan warna tersebut dipergunakan untuk warna cat rumah menurut Islam didasarkan banyaknya dalil menyinggung warna ini. Diantaranya ada dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud No 4061, supaya semua umat muslim untuk mengenakan baju berwarna putih.

Kuning

Kuning dalam pengaplikasian warna cat untuk rumah memang tidak begitu populer dibanding warna putih dan hijau seperti di atas. Tapi, tahukah Anda kalau warna tersebut merupakan satu diantara banyak warna untuk rumah yang baik dan bagus dalam Islam lewat hadist diriwayatkan Bukhari dan Ibnu Abi Syaibah.

Nah, itu dia konsep warna cat rumah dalam sudut pandang agama Islam yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.baleagung.com/memilih-warna-cat-agar-ruangan-terlihat-terang-sebelum-merenovasi-rumah/