Pengertian Kewirausahaan dan Tujuannya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai wirausaha. Sudah tidak asing lagi tentunya jika membahas mengenai kewirausahaan. Karena di zaman sekarang ini hampir setiap orang pasti berwirausaha.

Nah lalu apa sih yang dinamakan kewirausahaan itu dan apa aja tujuannya. Berikut penjelasannya:

Pengertian Kewirausahaan dan Tujuannya

Berikut penjelasan mengenai kewirausahaan.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu proses melakukan dan menciptakan sesuatu yang baru dengan kreatif dan dengan inovasi yang penuh agar dapat memiliki manfaat yang lebih bagi orang lain serta memperoleh nilai tambah bagi pribadi.

Arti lain dari kewirausahaan adalah suatu sikap individu yang memiliki kreativitas dan keaktifan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan juga unik tentunya sehingga dapat bermanfaat untuk banyak orang dan dapat menarik perhatian orang lain.

Kewirausahaan berjalan beriringan dengan waktu, sumber daya, modal dan juga risiko.

Adapun pengertian kewirausahaan menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Wikipedia

Kewirausahaan adalah proses pengembangan, identifikasi dan juga mewujudkan dan menciptakan visi misi dalam kehidupan nyata.

2. Eddy Soeryanto Soegoto

Kewirausahaan adalah suatu bentuk usaha yang memiliki kekreatifan dan dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, dapat memberikan manfaat, memberikan nilai lebih, membuka lapangan pekerjaan dan berguna untuk orang banyak.

3. Ahmad Sanusi

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang dapat di ciptakan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tujuan, proses dan juga hasil yang diperoleh.

4. Drs. Joko Untoro

Kewirausahaan adalah suatu tindakan yang membutuhkan keberanian oleh seseorang berdasarkan manfaat dan untuk memenuhi segala kebutuhan sesuai dengan kemampuan dan memanfaatkan segala potensi agar berguna untuk dirinya juga untuk orang lain.

5. Soeharto Prawiro

Kewirausahaan adalah suatu nilai untuk memulai usaha kemudian mengembangkannya.

6. Zimmerer

Kewirausahaan adalah suatu proses yang sedang diterapkan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan suatu persoalan serta menemukan peluang sehingga dapat memperbaiki perekonomian yang ada.

Tujuan Kewirausahaan

Sumber Lengkap : https://www.pendidik.co.id/

Adapun tujuan dari seseorang berwirausaha diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk membuka lapangan pekerjaan baru sehingga dapat meminimalisir terjadinya pengangguran dini

2. Untuk meningkatkan kesejahteraan hidup bagi lingkungan sekitar wirausaha tersebut dan bagi yang membuka kewirausahaannya.

3. Untuk membantu para pengusaha agar dapat berinovasi dan juga berkreasi.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Kewirausahaan dan Tujuannya. Semoga bermanfaat terima kasih 🙂