Bagaimana Menghemat Uang Saat Berkuliah

Mungkin tampak mustahil untuk menghemat uang selama di perguruan tinggi. Tapi ini adalah langkah finansial yang bijaksana yang akan membuahkan hasil dalam jangka panjang. Misalnya, jika kamu menabung cukup uang untuk membayar uang sekolah atau bahkan hanya untuk biaya hidup saat kuliah.

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk tetap berpegang pada anggaran perguruan tinggi, yang juga akan membantu Anda menghemat uang dan menghindari hutang siswa. Anda harus hati-hati memantau pengeluaran kuliah kamu agar kamu tidak meminjam terlalu banyak.

Coba terapkan strategi menabung ini untuk menghemat uang selama kuliah, bahkan mungkin untuk membayar kuliah tanpa bekerja.

Berapa Banyak yang Harus Saya Hemat Selama Kuliah?

Mulailah dengan menetapkan tujuan tabungan khusus untuk diri sendiri selama di perguruan tinggi. Kamu harus menghitung jumlah yang perlu ditabung setiap bulan untuk mencapai tujuan kamu, seperti biaya sekolah atau biaya hidup.

Kemudian, cukup bagi jumlah yang kamu butuhkan dengan waktu yang kamu butuhkan untuk menyimpannya. Setiap bulan, kamu kemudian mentransfer jumlah itu ke rekening tabungan dan hidup dari sisanya.

Ini bisa menjadi hal yang sulit dilakukan, tetapi kamu dapat mempertimbangkan langkah-langkah penghematan biaya seperti membatalkan rencana makan atau bahkan memasak sendiri untuk menghemat biaya.

Alat Tabungan Apa yang Harus Saya Gunakan Saat Menabung di Perguruan Tinggi ?

Selama di perguruan tinggi, gunakan tabungan yang bisa langsung dicairkan seperti rekening tabungan. Jangan letakkan uang di tempat yang tidak dapat diakses dengan mudah, seperti pasar saham.

Kamu mungkin ingin mempertimbangkan rekening tabungan online, yang menawarkan tingkat bunga lebih tinggi daripada institusi lokal. Jika kamu memiliki pekerjaan paruh waktu atau penuh waktu yang sangat baik dan dapat memenuhi pengeluaran dasar kamu, serta membayar sekolah tanpa pinjaman, coba pertimbangkan untuk benar-benar berinvestasi.

Memilih rekening bank yang tepat untuk mahasiswa juga dapat membantu menghemat biaya dan biaya lainnya. Tetapi pastikan untuk memilih akun yang tidak akan membebankan biaya tambahan apapun kepada kamu.

Apakah Ada Cara Lain untuk Menabung Selama Kuliah?

Menabung di perguruan tinggi bukan hanya tentang memasukkan uang ke dalam rekening tabungan karena alasan tertentu. Ini tentang menyiapkan diri kamu untuk membuat keputusan finansial yang bijak seumur hidup. Mempraktikkan hal ini sejak dini hanya akan membantumu menjadi lebih sukses secara finansial di kemudian hari.

Kamu dapat mempertimbangkan untuk tinggal di luar kampus, tinggal di apartemen yang lebih murah, memiliki teman sekamar, atau mengurangi makan di luar. Kamu dapat menurunkan paket internet smartphone, menggunakan wifi umum, atau memilih untuk naik bus atau berjalan kaki ke sebagian besar tujuan kamu.

Pilihan lainnya adalah mempertimbangkan untuk memanfaatkan beasiswa dan program penggantian uang sekolah yang ditawarkan melalui sekolah atau pekerjaan paruh waktu. 

GoKampus menawarkan beasiswa untuk kamu yang berencana berkuliah di London School Jakarta dan kampus ternama di Indonesia lainnya. Di situs tersebut kamu bisa langsung mendaftar secara online tanpa dibingungkan dengan persyaratannya.

Bagaimana Saya Dapat Menemukan Motivasi untuk Menghemat Uang?

Menabung selama kuliah sering terdengar terbelakang dari apa yang kebanyakan siswa lain lakukan saat meminjam uang untuk membayar sekolah dan menggunakan kartu kredit. Dengan demikian, kamu mungkin kesulitan menemukan motivasi untuk menabung. 

Intinya adalah, sulit untuk mengurangi kebiasaan belanja kamu, dan bahkan lebih sulit untuk menghemat uang. Persiapkan diri dengan membangun kebiasaan baik sekarang, seperti inisiatif menabung.

Hemat biaya kuliah dengan mendaftarkan diri ke program beasiswa dapat membantu pengeluaran bulanan kamu. Daftar kuliah secara online, dapatkan cashback untuk pendaftaran kuliah dan magang di perusahaan ternama hanya di GoKampus