Manfaat Publikasi Jurnal Ilmiah, Wajib anda tahu

Berada pada lingkungan akademisi memang sudah tidak asing lagi dengan yang namannya jurnal ilmiah, sebab mahasiswa, dosen, ataupun peneliti, diharuskan untuk publikasi jurnal ilmiah secara rutin untuk kepentingan tertentu

Pada dasarnya jurnal merupakan kumpulan dari sebuah karya ilmiah yang menjelaskan suatu pembahasan ataupun hasil penelitian yang disusun secara sistematis. Menulis jurnal ilmiah tentu tidaklah mudah karena penulisan pada artikel ilmiah itu terdapat susunan yang sistematis yang harus kita lewati secara berurutan.

Tetapi jangan kalian sia-siakan jika ada kesempatan untuk publikasi jurnal ilmiah, sebab jika kalian sudah memiliki beberapa karya ilmiah dan berhasil di publikasi ke jurnal nasional maupun internasional, maka akan menjadi keuntungan sendiri, misalnya jika kalian seorang dosen maka salah satu manfaat yang akan kalian dapatkan setelah berhasil publikasi karya ilmiah ke jurnal yaitu bisa meningkatkan jabatan fungsional dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang ingin tahu apa saja sih manfaat yang akan didapatkan setelah publikasi jurnal ilmiah baik itu untuk mahasiswa ataupun dosen? Berikut merupakan penjelasannya:

Manfaat Publikasi Jurnal untuk Mahasiswa

  1. Bisa memahami materi perkuliahan secara mendalam
  2. Untuk melatih pengerjaan tugas akhir
  3. Meningkatkan portofolio
  4. Mengasah kemampuan argumentasi
  5. Meningkatkan kemampuan kerjasama
  6. Meningkatkan eksistensi pada internet yang semakin kukuh
  7. Mengetahui lebih banyak etika penelitian cara professional
  8. Meningkatkan kemampuan pada gaya kepenulisan secara sederhana

Manfaat Publikasi jurnal untuk dosen

  1. Memenuhi janji hibah dari penelitian dosen
  2. Persyaratan agar naik pangkat
  3. Bisa menentukan tingkatan akreditasi pada prodi dan juga universitas
  4. Meningkatkan portofolio
  5. Untuk membuka jalan menjadi seorang professor

 

Akhir kata

itulah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika kalian berhasil mempublikasikan karya ilmiah yang sudah kalian buat ke sebuah jurnal, baik itu jurnal nasional ataupun jurnal internasional. Menulis jurnal memanglah tidak mudah tetapi jika kita terus belajar dengan sungguh-sungguh maka sesuatu yang tidak bisa akan dipermudah jika kita mau belajar.

Apalagi seorang mahasiswa yang diberi gelar sebagai agen of change (Agen Perubahan) maka harus terus belajar agar terus menemukan sesuatu yang baru. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.