5 Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis Terakreditasi

Cara publikasi jurnal nasional merupakan panduan submit karya ilmiah untuk para peneliti atau akademisi yang ingin menerbitkan hasil penelitiannya.

Cara submit jurnal nasional berbeda-beda antar penerbit. Beberapa penerbit jurnal tertentu mengharuskan penulis untuk membayar biaya publikasi. Namun, banyak juga jurnal yang menawarkan publikasi tanpa biaya alias gratis.

 

Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis dan Terakreditasi

Siapapun dapat menerbitkan tulisannya dalam bentuk jurnal selama mengerti panduan dan ketentuan penulisannya. Jurnal bisa berhasil terbit jika mengikuti beberapa cara publish jurnal nasional berikut ini.

1. Lakukan Riset

Sebelum upload jurnal nasional, Anda harus riset terlebih dulu terkait bahasan jurnal. Biasanya topik bidang ilmu tertentu sudah memiliki jurnal yang lebih dulu terbit. Lakukan riset dengan membaca jurnal sesuai topik penelitian Anda atau yang masih satu rumpun ilmu dengan Anda.

Amati dan pelajari gaya penulisan jurnal tersebut sebagai acuan menulis. Hal ini juga bisa memperkaya pengetahuan Anda berkaitan dengan topik penelitian tersebut. Sehingga bisa mempertajam hasil analisa dalam penelitian.

2. Bergabung Asosiasi

Salah satu cara publikasi jurnal nasional dengan proses cepat adalah bergabung asosiasi tertentu. Misalnya organisasi peneliti yang relevan dengan bidang keilmuan Anda. Sebagai contoh, Anda membuat jurnal sastra, maka bergabunglah ke asosiasi sastra yang menerbitkan jurnal di bidang tersebut.

Bergabung dengan asosiasi juga akan memudahkan Anda untuk berdiskusi dengan para redaktur publisher. Dengan begitu, Anda bisa bertanya lebih dalam tentang prosedur penelitian dan penulisan jurnal di penerbit yang dinaungi.  

4. Publikasi Melalui Open Journal System (OJS)

OJS sangat berguna untuk membantu penelitian secara terperinci. Sehingga Anda bisa mendapat target  tulisan yang dapat dikirim secara online atau datang langsung. Beberapa jurnal memiliki aturan tersendiri sehingga Anda bisa langsung menghubungi orang terkait untuk mengirim paper.

5. Memanfaatkan Jurnal Internal

Jurnal internal umumnya tersedia pada lembaga yang khusus menerbitkan karya-karya ilmiah. Seperti sekolah atau universitas yang berpusat pada satu area ilmu tertentu. Semua orang bisa mengirim jurnal pada lembaga tersebut. Terlebih jika Anda seorang mahasiswa atau dosen di universitas bersangkutan.

Peluang jurnal terbit juga lebih besar, karena pihak pengelola jurnal internal biasanya memprioritaskan peneliti dari kalangan civitas akademika sendiri.

 

Sebelum menerbitkan jurnal ilmiah ke berbagai penerbit, pastikan Anda mengikuti 5 cara publikasi jurnal nasional di atas. Kadang, jurnal tidak berhasil lolos bukan karena kualitas penulisannya yang buruk, melainkan tidak sesuai dengan ketentuan. Jadi, pahami ketentuan tiap penerbit secara teliti.