Mengenal Perbedaan Tempat Sampah 3 Warna

Mungkin Anda sering melihat ada tiga tempat sampah yang berbeda warna di tempat umum. Kalaupun tidak 3 warna, minimal 2 warna bisa Anda temukan disana. Tapi tahukah Anda perbedaan tempat sampah 3 warna atau tong sampah 3 warna itu?

Budaya membuang sampah pada tempatnya memang harus terus ditingkatkan agar menjadi kebiasaan yang baik. Maka Pemerintah atau beberapa perusahaan sering menyediakan tempat sampah sesuai fungsinya.

Simak ulasan singkat di bawah ini mengenai perbedaan tempat sampah, yaitu:

Perbedaan Tempat Sampah 3 Warna

  • Tempat Sampah Hijau

Tempat sampah yang pertama ini digunakan untuk benda yang mudah terurai, terutama seperti sayuran, buah atau makanan lainnya. Sebenarnya tidak hanya makanan, sampah seperti rumput, daun, bunga dan beberapa ranting pohon kecil dibuang ke tempat sampah hijau.

Sampah di atas bisa disebut juga sebagai sampah organik yang mudah terurai.

  • Tempat Sampah Kuning

Warna kuning menandakan untuk tempat sampah yang bisa didaur ulang. Apa sajakah contohnya?

Anda mungkin sering membuang kertas, kardus, kaleng bekas, botol bekas dan benda lainnya yang bisa didaur ulang. Maka jika akan membuangnya, pastikan masuk ke tempat sampah warna kuning.

Kantong plastik sendiri merupakan jenis sampah yang tidak bisa dimasukkan kesini. Kantong plastik tidak bisa didaur ulang, Anda bisa mengurangi sampah plastik dengan menggunakannya kembali selama masih layak (Re-Use)

  • Tempat Sampah Merah

Tentu saja digunakan untuk sampah yang tidak bisa dibuang ke tempat sampah yang hijau ataupun kuning. Apa saja contohnya? Yakni benda yang termasuk tidak bisa didaur ulang seperti styrofoam bekas kemasan, tali, popok, barang pecah belah dan pakaian bekas tidak layak pakai.

Anda juga bisa membuang kantong plastik ke tempat sampah warna merah ini jika sudah tidak bisa digunakan lagi.

Perlu Anda ketahui juga, sampah seperti limbah cair (oli, minyak goreng bekas, limbah industri rumah tangga) dan limbah medis (obat-obatan, jarum suntik) tidak diizinkan dibuang tempat sampah warna merah meskipun tidak bisa didaur ulang.

 

Minimal semua orang memiliki kesadaran yang sama untuk membuang sampah pada tempatnya. Terutama pemanfaatan tempat sampah 3 warna ini bisa dilaksanakan dengan baik.