Gejala kanker mulut

Hati-Hati! Inilah 4 Gejala Kanker Mulut Stadium 2 yang Berbahaya

Sebagian besar orang terkadang menganggap biasa dan sepele sesuatu yang berkaitan kesehatan mulut. Padahal, organ mulut jika tidak diperhatikan dengan baik, maka akan berisiko mengalami gangguan kesehatan.

Mulut yang diketahui sebagai tempat tinggal bakteri dapat mengalami berbagai macam penyakit. Misalnya seperti sariawan, gigi berlubang, gusi bengkak, bahkan kanker mulut sekalipun.

Kanker mulut mungkin bukanlah kanker yang terkenal seperti kanker otak atau kanker yang lainnya. Namun, sama seperti kanker lainnya, kanker mulut ternyata juga sangat berbahaya. Apalagi jika tidak ditangani dengan cepat. Hal paling parah yang dapat terjadi adalah sel kanker ini dapat menyebar ke jaringan lainnya, sehingga kanker ini menjadi sulit untuk diobati.

Perlu diketahui bahwa kanker mulut dibagi menjadi beberapa stadium. Ada stadium 1 yang gejalanya masih ringan hingga stadium 4 dengan gejala yang sudah sangat parah. Saat stadium 1, biasanya gejala kanker mulut ini belum terlihat. Gejala kanker mulut baru bisa dirasakan saat berada di stadium 2.

Gejala kanker mulut

Sumber: https://www.deherba.com/ 

Itulah yang menyebabkan mengapa gejala kanker mulut di awal perkembangannya tidak terdeteksi. Lantas, bagaimanakah gejala kanker lidah stadium 2 itu? Untuk mengetahui penjelasan terkait hal tersebut, di bawah ini kami berbagi informasinya.

Gejala Kanker Mulut Stadium 2 yang Berbahaya

1. Sariawan yang tidak kunjung sembuh

Sariawan biasanya terjadi karena kurangnya vitamin C dan cairan dalam tubuh. Sariawan ini akan membuat mulut menjadi kering dan biasanya mengalami peradangan. Gejala sariawan ini akan sembuh dalam beberapa hari saat kebutuhan nutrisi tubuh sudah terpenuhi. Namun, jika sariawan tersebut tidak kunjung sembuh selama lebih dari 2 sampai 3 minggu, mungkin saja sariawan itu merupakan gejala kanker mulut stadium dua yang perlu diwaspadai.

2. Bengkaknya kelenjar getah bening

Gejala kanker mulut stadium 2 biasanya ditandai dengan menyebarnya sel kanker. Bahkan, dapat mengakibatkan bengkaknya kelenjar getah bening di leher. Pembengkakan ini disertai dengan rasa nyeri. Jika Anda mengalaminya, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

3. Gigi mudah goyang

Sel kanker yang menyerang mulut dapat membuat gusi penderita menjadi rusak serta tidak kuat lagi menahan gigi. Akibat dari itu, gigi akan mudah goyang dan hal ini tidak dapat dicegah. Patahnya gigi ini tidak dapat dibiarkan karena dapat memicu terjadinya kanker mulut yang berbahaya.

4. Terjadi pendarahan

Kanker mulut dapat membuat jaringan yang ada dalam mulut mengalami luka dan peradangan. Oleh karena itu, penderita kanker mulut stadium 2 akan sering mengalami pendarahan mulut yang tiba-tiba.

Demikianlah ulasan terkait gejala kanker mulut stadium 2. Gejala-gejala ini sudah termasuk berbahaya. Jadi, harus segera mendapat penanganan dari dokter untuk mencegah bertambah parahnya kanker mulut yang diderita.