Mimbar Masjid

Mengetahui Tips Untuk Memilih Mimbar Masjid dan Bahannya yang Terbaik

Berbicara tentang material pembuat podium atau mimbar memang luas. Banyak jenis yang bisa dijadikan bahan baku dekorasi satu ini. Ada yang lebih menyukai desain dari kayu, baja, hingga bahan lainnya.

Mimbar Masjid

Namun, sebelum itu Anda wajib tahu bagaimana memilih mimbar untuk masjid yang baik. Agar nantinya lebih awet dan lebih tahan lama. Selain itu akan menghemat pengeluaran kan jika perawatannya mudah?

Mimbar atau podium masjid ini sudah menjadi ciri khas rumah ibadah umat muslim. Penggunaannya-pun juga dinilai penting. Selain mampu memberikan kenyamanan saat berkhutbah. Podium menjadikan dekorasi ruangan lebih menawan. Berikut langkah tepat dalam memilih produk satu ini:

Ukuran

Meski terkesan remeh, ukuran mimbar masjid juga layak diperhatikan. Bayangkan, sudah terlanjur pesan, ternyata malah tak muat untuk masuk kedalam. Sehingga menentukan ukuran wajib dilakukan sebelum pemesanan.

Selain itu ukuran yang pas akan membuat ruangan menjadi lebih menarik. Tata letaknya turut mendukung kenyamanan saat pembicara menggunakannya. Terlebih, podium dengan ukuran yang presisi membuat dekorasi rumah ibadah kian khas.

Kualitas Dan Bahan Baku yang Dipakai

Dimanapun, hal pertama yang jadi bahan pertimbangan ialah terkait kualitas. Pasalnya mimbar ini dipakai untuk jangka waktu yang lama. Pilih dengan kualitas paling baik agar produk tidak lekas rusak.

Umumnya hal ini terlihat dari desain yang unggul. Mempunyai beragam variasi warna maupun corak. Material yang digunakan juga solid serta mumpuni. Tampilan luar produk rapi, finishing halus serta kokoh.

Jika ingin tampilan yang klasik dan elegan Anda bisa memilih yang berbahan kayu jati. Mau lebih ke arah modern-minimalis, bahan HPL bisa jadi pilihan. Atau bisa juga mengandalkan stainless steel yang tentunya anti karat.

Ini beberapa bahan mimbar yang banyak digunakan saat ini.

  • Kayu jati

bahan ini menjadi bahan untuk membuat Mimbar Masjid yang banyak digunakan. Kayu jati yang terkenal kuat dan keras. mampu membuat mimbar awet dan tahan lama. Sehingga tidak perlu menggantinya dalam waktu singkat. Sayangnya harga kayu jati terbilang mahal.

Selain itu serat kayu jati juga terkenal sangat indah, sehingga tidak memerlukan pengecatan dengan warna lainnya mimbar sudah terlihat indah. Mimbar ini pun dapat dibentuk dengan ukiran dari bahan yang sama atau bisa juga dari ornament lainnya.

  • Kayu Mahoni

Selain jati mahoni menjadi kayu yang banyak dipilih untuk membuat mimbar. Kayu ini memiliki kualitas yang baik tetapi harganya terbilang murah. Oleh sebab itu kayu jenis ini menjadi salah satu kayu yang digunakan untuk mimbar.

Kayu mahoni relatif lebih lunak sehingga mudah untuk dibentuk. Serat kayu yang halus dan lurus akan tampak indah walaupun kayu hanya dicat menggunakan cat dasar kayu. Sebagai mimbar untuk sebuah majelis taklim mimbar ini juga dihiasi dengan kaligrafi bahasa arab.

Inilah beberapa tips dan bahan terbaik dari mimbar masjid yang bisa Anda ketahui. Dengan banyaknya tips serta bahan yang sudah Anda ketahui maka Anda bisa memilih mimbar yang terbaik untuk Anda.