Yuk Ketahui Lebih Lengkap Tentang Apa Itu Blockchain

Sekarang aset crypto merupakan sebuah hal yang sedang populer dan banyak orang yang terjun dalam dunia cryptocurrency ini karena menawarkan keuntungan yang sangat besar.

Di dalam cryptocurrency ini kita dikenalkan pada sebuah teknologi yang disebut dengan teknologi blockchain. Perlu kamu tahu bahwa blockchain merupakan suatu sistem penyimpanan berbagai macam data digital yang mencatat sebuah data yang ada secara permanen yang disimpan di dalam sebuah database publik.

Artinya, teknologi ini memungkinkan untuk meningkatkan kepercayaan dan juga validasi data yang ada termasuk data yang berhubungan dengan transaksi yang sudah terjadi.

Dalam hal ini data transaksi yang sudah terjadi tersebut akan disimpan secara permanen dalam suatu database publik yang semua orang bisa melihatnya.

Apa Itu Blockchain?

Berkaitan dengan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, teknologi ini memungkinkan untuk melakukan penyimpanan dan juga melakukan transfer nilai secara digital.

Hal tersebut dikarenakan input moneter apa saja yang dimiliki oleh suatu transaksi akan dianggap benar dan dapat dilihat oleh banyak orang karena mempunyai sifat publik atau terbuka.

Pada dasarnya jaringan blockchain ini mempunyai jaringan yang menggunakan metode konsensus dan juga sangat mempunyai ketergantungan terhadap suatu komunitas atau sekumpulan orang.

Dalam kaitannya dengan jaringan blockchain, tidak ada otoritas atau entitas yang menajdi pusat yang bisa melakukan berbagai pengaturan atau kendali terhadap suatu entitas yang lainnya.

Oleh karena itu, di dalam teknologi blockchain ini semua entitas mempunyai kedudukan yang sama dalam kaitannya dengan menentukan keputusan yang ada di dalam jaringan blockchain.

Apabila kamu ingin mengetahui lebih banyak informasi yang berhubungan dengan blockchain dan cryptocurrency, maka kamu bisa mengunjungi website asaskewangan.com. Ya, pada saat ini memang website ini merupakan website yang membahas secara lengkap tentang crypto dan saham.

Cara Kerja Blockchain

Jika dilihat secara harfiah arti dari kata blockchain ini merupakan sebuah rantai blok. Artinya, teknologi blockchain ini adalah sekumpulan transaksi (data) yang disebut dengan blok yang disimpan di dalam database publik atau yang dinamakan dengan rantai.

Dalam hal ini blok yang dimaksud berisi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan transaksi yang sudah terjadi, misalnya seperti tanggal, waktu, jumlah uang, kode unik, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan transaksi yang sudah terjadi.

Setiap block yang ada pada jaringan ini saling mempunyai hubungan dengan blok yang sebelumnya ada. Oleh karena itu, akan menciptakan suatu rantai blok yang saling mempunyai keterkaitan satu dengan yang lainnya.