toko online

Tips Jualan Online untuk Pemula

Harus diakui bahwa teknologi canggih seperti keberadaan internet, mampu mempermudah pekerjaan dan memberikan banyak pengaruh di segala bidang kehidupan. Mulai dari pekerjaan di bidang pemerintahan, ekonomi, hiburan, hingga kegiatan sosial dan budaya. Terutama dalam bidang ekonomi, dimana transaksi jual beli tidak hanya dapat dilakukan secara manual, namun dapat dengan mudah dilakukan secara online.

Banyak orang yang telah beralih ke pembelian barang secara online, karena selain mudah, menghemat waktu dan dapat dilakukan dimana saja. Sedangkan bagi penjual, akan lebih mudah untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat luas.

Bisnis online menjadi salah satu bentuk usaha yang sangat menjanjikan, apakah kamu tertarik untuk memulainya ? Jika iya,  ikuti tips jualan online di bawah ini.

Tentukan produk yang akan dijual

toko online

Langkah awal untuk memulai jualan online adalah menentukan produk apakah yang akan kamu jual. Produk tersebut bisa buatan sendiri atau menjadi reseller dari pemilik produk yang akan kamu jual.

Ketika kamu memilih untuk menjual produk milik sendiri, maka kamu harus menentukan bahan baku pembuatan hingga keuntungan yang ingin kamu dapatkan. Semua harus kamu lakukan mulai dari nol, mulai dari pemilihan bahan baku, melakukan proses produksi, bahkan sampai branding produk agar dikenal oleh semua kalangan masyarakat.

Bila kamu memilih untuk menjadi reseller, maka proses yang akan kamu jalani lebih mudah, kamu hanya cukup membeli produk dari orang lain, kemudian dijual kembali. Yang harus kamu perhatikan ketika menjadi seorang reseller adalah kamu harus selektif memilih supplier yang baik dan terpercaya.

Setelah kamu yakin akan menjual produk sendiri atau menjadi reseller, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis produk yang akan kamu jual. Pilihlah produk yang sedang tren, atau produk musiman yang laku dalam waktu tertentu saja, bisa juga produk kebutuhan sehari-hari, hingga produk-produk penunjang hobi yang menarik dan memiliki peluang besar untuk dipasarkan.

Tentukan target konsumen produkmu

Langkah berikutnya adalah menentukan target konsumen yang akan dibidik sesuai dengan jenis produk yang akan ditawarkan.

Misalkan produk pakaian muslim untuk wanita, produk makanan ringan, produk kecantikan untuk wanita, produk pakaian khusus pria, dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu dapat menentukan target konsumen yang tepat untuk produk yang akan kamu tawarkan.

Membuat toko online sebagai lapak penjualan

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat toko online sebagai lapak jualanmu. Atau bila kamu ingin lebih efektif dan efisien dalam menarik konsumen lebih luas, maka kamu dapat memanfaatkan layanan e-commerce yang sudah ada dengan cara mengunduh aplikasi e-commerce yang diinginkan.

Simak juga strategi pemasaran produk

Melakukan promosi melalui media sosial

Media sosial merupakan sarana yang efektif untuk menarik minat para calon pembeli. Kamu dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain untuk melakukan promosi.

Selain itu kamu juga dapat melakukan promosi kepada teman dan keluarga melalui media chat online seperti WhatsApp. Atau kamu juga dapat melakukan promosi melalui komunitas-komunitas online yang berkaitan dengan produk yang akan kamu jual.

Mencari partner usaha di bidang yang sama

Menjalin relasi dengan bidang usaha yang sama akan memberikan keuntungan dengan mendapatkan berbagai informasi mengenai strategi yang akan berguna untuk pengembangan bisnis.

Untuk menghadapi pasang surut di dunia bisnis, hal ini penting untuk dilakukan. Dengan memiliki banyak partner usaha di bidang sama, yang memiliki pengalaman dan jam kerja tinggi, maka akan semakin banyak ilmu yang kamu dapat untuk diterapkan.

Demikian informasi tentang tips jualan online untuk pemula, semoga bermanfaat.

Temukan artikel menarik lainnya hanya di pediansa.