Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Ilmu arsitektur sudah mulai muncul pada beberapa ribu tahun yang lalu, dimana bisa disaksikan berbagai mahakarya bangunan indah yang ketika dipikirkan terlihat mustahil untuk dilakukan, namun hal tersebut benar nyata adanya. Sebagai contoh adalah berbagai candi di Indonesia, seperti candi Borobudur, candi Prambanan, maupun candi-candi lainnya.

Bangunan piramida yang terletak di Mesir juga salah satu penggunaan ilmu arsitektur sebelum masehi, dimana semua susunan nya terlihat rapi dan kokoh. Ya, arsitektur memang sudah menjadi ilmu yang sangat lama dan bergerak sangat dinamis mengikuti perkembangan lingkungan, teknologi, dan zaman. Tentu sebagai orang awam, pengertian arsitektur merujuk pada sebuah perencanaan pembangunan sebuah bangunan atau objek lainnya. Namun sebenarnya, terdapat beberapa pengertian menurut para ahli. Rumahklasik.com sebagai jasa arsitek juga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Anda dalam memilih konsultan arsitek di Indonesia.

Berbagai pengertian arsitektur menurut para ahli

Ya, sama seperti disiplin ilmu lainnya, ilmu arsitektur juga memiliki berbagai definisi maupun pengertian tentang ilmu tersebut. Hal itu terjadi karena sebagian ilmuwan memiliki interpretasi yang berbeda terhadap ilmu tersebut, sehingga menciptakan keragaman definisi. Namun, semua pengertian tentunya akan merujuk kepada definisi umum, yakni sebagai perencanaan pembangunan. Berikut beberapa ilmuwan yang menyatakan pengertian arsitektur melalui sudut pandang masing-masing:

1. Cornelis Van de Ven

Arsitektur yang memiliki arti menciptakan sebuah ruang dengan cara yang direncanakan serta dipikirkan dengan matang. Pembaharuan arsitektur diakibatkan dari sebuah pembaharuan dan perubahan konsep-konsep ruang.

2. Francis DK Ching

Arsitektur merupakan sebuah hubungan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi.

3. Benjamin Handler

Arsitektur merupakan sebuah karya seni yang terstruktur yang menggunakan struktur secara  estetis berdasarkan prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

4. J. B. Mangunwijaya

Pengertian arsitektur menurut J. B. Mangunwijaya adalah vastuvidya (wastuwidya) yakni ilmu bangunan. Arsitektur juga dapat merujuk kepada hasil perencanaan yang sudah dikembangkan.

5. Djauhari Sumintardja

Ilmu arsitektur merupakan segala sesuatu yang akan dibangun oleh manusia untuk berbagai perihal badan, seperti melindungi diri dari berbagai ancaman yang ada di sekitarnya dan untuk perihal jiwa, yakni seperti aspek kenyamanan dan juga ketenangan.

Itu dia beberapa pengertian arsitektur yang dikemukakan oleh berbagai ilmuwan di seluruh dunia. Anda bisa mempelajarinya ataupun menjadi tambahan referensi.