Ketahui Jenis Peralatan Usaha Laundry yang Wajib Disiapkan

Bisnis laundry merupakan salah satu peluang usaha potensial yang bisa kamu jalankan. Betapa tidak? Usaha ini bisa dijalankan secara mandiri baik skala kecil maupun dalam skala besar. Bahkan, banyak paket usaha laundry lengkap rumahan yang bisa menghasilkan omset jutaan rupiah perbulannya.

Ketika akan menjalankan sebuah bisnis tentu kamu harus menyiapkan modal terlebih dahulu, termasuk untuk bisnis laundry. Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan terutama dalam hal peralatan. Berikut ini jenis-jenis peralatan yang wajib disiapkan ketika kamu akan membuka usaha laundry.

1. Mesin cuci

Peralatan pertama yang harus kamu punya ketika membuka bisnis laundry adalah mesin cuci. Saat ini mencuci menggunakan tangan memang sudah tidak lagi efektif, kecuali untuk jenis pakaian tertentu. Mencuci menggunakan tangan juga sangat repot karena membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Oleh karena itu, agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan bau cepat kering kamu perlu membeli mesin cuci.

2. Timbangan

Selanjutnya timbangan juga menjadi peralatan wajib yang perlu kamu miliki. Tanpa adanya timbangan, kamu akan sulit dalam menentukan berapa jumlah harga pakaian laundry para konsumen. Pada umumnya timbangan yang banyak digunakan adalah timbangan digital karena jumlah berat akan muncul dengan tepat.

3. Detergen dan pewangi pakaian

Tujuan konsumen menggunakan jasa laundry tidak hanya terbatas agar pakaian mereka bersih, namun juga agar pakaian wangi. Oleh karena itu, selalu stok sabun cuci atau detergen dan pewangi pakaian dengan lengkap. Sebelum menentukan mana detergen yang akan digunakan, sebaiknya uji coba terlebih dahulu dengan meminta sampel. Pastikan jika detergen serta pewangi tersebut tidak merusak kain pakaian para pelanggan.

4. Mesin pengering

Pada umumnya setiap mesin cuci memang selalu dilengkapi dengan mesin pengering. Namun ada juga beberapa mesin cuci yang tidak dilengkapi dengan mesin pengering ini. Mesin pengering pakaian akan membantu kamu dalam proses pengeringan, sehingga pesanan para konsumen dapat diselesaikan dengan cepat.

5. Setrika dan papan setrika

Peralatan selanjutnya yang wajib ada pada paket bisnis laundry lengkap adalah setrika, tanpa adanya setrika hasil cucian tidak akan rapi secara sempurna. Disini kamu bisa memilih menggunakan setrika uap ataupun setrika konvensional. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa memilih setrika uap karena panas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi. Dengan begitu akan mencegah pakaian para konsumen agar tidak rusak akibat terlalu panas.