Contoh Berita 5w 1H Tentang Banjir

Di TV kita sering melihat sangat banyak sekali berita yang ditayangkan baik berita nasional maupun berita internasional dan semua yang disampaikan oleh pembawa berita telah disusun dengan rapi dan terencana dalam sebuah teks.

Meskipun kita melihat sepertinya pembawa berita menatap kamera menyampaikan berita, kenyataannya di dekat kamera ada teks berjalan yang dibaca oleh pembawa berita.

Teks ini telah disiapkan sebelumnya setelah suatu perisitwa diselidiki oleh wartawan dan ditulislah teks berita yang kemudian dibacakan oleh pembawa acara.

 

Pengertian Teks Berita

Teks berita merupakan kumpulan teks yang didalamnya memuat informasi mengenai suatu hal yang telah terjadi atau akan terjadi. Ini digunakan untuk memberikan informasi terbaru kepada orang lain yang disiarkan di berbagai media entah majalah, sosial media, website, radio ataupun televisi.

Dalam sebuah struktur berita seseorang harus memasukan beberapa unsur seperti orientasi berita yang memuat paragraf pembuka, isi utama berita dan informasi tambahan yang lebih detail.

Selain itu teks berita harus ditulis berdasarkan sumber yang bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Sumber ini bisa berupa saksi mata, lokasi atau hal lainnya. Ini bisa didapatkan dimana saja asal bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan sumbernya.

Dalam teks berita memuat sekumpulan fakta atas apa yang telah terjadi di suatu tempat. Informasi ini dikumpulkan oleh wartawan dengan menggunakan unsur yang disebut dengan 5W 1H.

Dalam penulisan teks berita, wajib menyertakan 6 hal yaitu sebagai berikut:

  • Apa (what), Adalah sebuah kejadian akan ada gagasan pokok, masalah utama dan inti gagasan mengenai apa yang terjadi, ini menjadi pembuka semua berita yang hendak dikumpulkan datanya untuk menulis teks berita.
  • Siapa (who), mengenai tokoh yang terlibat langsung atau tidak.
  • Dimana (where), mengenai lokasi atau tempat kejadian tertentu
  • Mengapa (why), alasan, motif dan alasan mengapa kejadian tersebut dapat terjadi.
  • Bagaimana (how), mengenai proses peristiwa tertentu dapat terjadi.

 

Contoh Berita 5W1H Tentang Banjir

Banjir telah merendam warga dan juga bangunan sekolah dan perkantoran di Boyolali Jawa Timur pada 3 Desember 2020. karena hal itu, para pelajar mau tidak mau harus berlibur sekolah. Karena hujan yang terus menerus membuat air sungai menjadi tidak mampu menampung debit air yang tinggi dari air hujan ditambah dengan air banjir susulan dari daerah selatan yang menyebabkan luapan air sungai menjadi tidak dapat terhindarkan.

Karena adanya banjir ini, aktivitas warga menjadi terganggu. Solihin, 44 mengatakan bahwa ia tidak dapat menjemur padinya karena adanya banjir yang datang kali ini. Selain itu ia mengalami kerugian karena lumbung padinya ikut terendam banjir juga. Total kerugian yang ia terima tidak kurang dari sebelas juta rupiah.

Tinggi genangan air setinggi 20 cm sampai dengan 70 cm tergantung lokasi. Memasuki Desember artinya telah masuk musim hujan dan warga harus bersiap dengan datangnya banjir.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa suatu berita harus memuat 5W1H maka ini adalah contoh 5W1H tentang banjir:

  • Apa yang terjadi? Banjir.
  • Siapa korban banjir? Warga setempat.
  • Dimana banjir itu terjadi? Boyolali.
  • Mengapa banjir bisa terjadi? Karena sudah memasuki musim hujan.
  • Bagaimana banjir bisa terjadi? Karena debit air sungai tidak dapat menampung jumlah air hujan yang banyak sehingga air yang meluap menyebabkan terjadinya banjir.