Cara Memanfaatkan Website Untuk Bisnis

Bisnis online merupakan suatu bisnis yang ternyata bisa dilakukan dengan modal yang sangat kecil. Karena anda bisa memanfaatkan website untuk bisnis yang anda jalankan. Ditambah lagi saat ini mudah menemukan website terjangkau, sehingga meminimalisir pengeluaran anda untuk bisnis online anda.

Tentu anda bisa membandingkan sendiri besarnya modal yang anda keluarkan, untuk menyewa atau membeli lapak di mall ataupun pasar. Secara fisik tentu akan menghabiskan banyak modal dalam melakukan sewa atau beli lapak ini. Belum lagi anda harus membayar retribusi dari pemerintah dan juga ormas untuk iuran keamanan. Jadi sangat jelas dengan memanfaatkan website untuk bisnis sangat menghemat modal yang akan dikeluarkan. Apabila anda berniat untuk membuat website, berikut ini beberapa platform website yang bisa anda manfaatkan:

  1. WordPress

Dulu wordpress ini lebih sering digunakan untuk menuliskan curhatan dan diary seseorang, dari pada untuk melakukan bisnis. WordPress ini memiliki beberapa fitur utama, diantaranya:

  • Anda tidak perlu membuat desain sendiri, karena sudah terdapat tema yang bisa anda pilih sesuai selera.
  • Sangat mudah digunakan walaupun anda seorang pengguna baru.
  • Tersedia dalam bahasa Indonesia.
  • WordPress merupakan salah satu website yang paling populer, gratis, dan juga paling mudah digunakan.

Selain anda bisa menggunakan situs gratis, anda juga bisa menggunakan wordpress ini secara berbayar. Dalam fitur berbayar anda mampu menggunakan seluruh fitur yang ada, dan tentunya akan lebih lengkap ketimbang yang gratis.

  1. Blogspot

Bisa dikatakan wordpress dan blogspot merupakan saingan dalam dunia online, dimana fitur yang diberikan sama dengan yang dimiliki wordpress. Hanya saja blogspot ini lebih mudah digunakan untuk pengguna baru dari pada wordpress, namun kekurangannya blogspot ini adalah terbatasnya layanan yang ditawarkan.

Apabila di wordpress anda bisa mengganti tema sesuai selra, maka di blogspot anda tidak memiliki pilihan lain dalam penerapan tema.

  1. OSCommerecebuat website

Bila dibandingkan dengan website diatas, memang OSCommerece kurang begitu terkenal di Indonesia. Hal ini terjadi karena OSCommerece lebih diperuntukkan toko online, berbeda dengan wordpress ataupun blogspot yang bisa digunakan untuk membagikan tulisan.

Berikut ini beberapa fitur yang dimiliki OSCommerece:

  • Kemudahan dalam membuka situs.
  • Mudah dalam memajangkan barang dagangan di situs, lengkap dengan informasi barang yang dibutuhkan konsumen.
  • Biaya pengiriman barang serta pajak bisa langsung dihitung menggunakan situs OSCommerece ini.Namun perlu anda ketahui, bahwa situs ini kurang begitu ramai dikunjungi masyarakat Indonesia. Hal itu disebabkan karena situs ini kurang begitu terkenal, dan jarang muncul di mesin pencari google.

Dari tiga website untuk bisnis diatas, gunakanlah platform website yang menurut anda lebih efektif untuk menginformasikan bisnis anda. Dan semoga bisnis yang anda lakukan lancar dan sukses. [yahoolavista.com]