Kedalaman yang Dibutuhkan Untuk Sumur Bor Air

Yahoolavista.com – Memang untuk membuat sebuah sumur bor air yang baik tidak bisa hanya diukur dari berapa kedalam yang harus dicapai. Mengingat tiap daerah memiliki perbedaan kondisi geografis yang turut mempengaruhi tingkat kedalaman sumber mata air tanah paling layak konsumsi. Inilah alasan mengapa kedalaman hanya bisa dijadikan sebagai satuan pipa yang dibutuhkan dan spesifikasi pompa yang dibutuhkan. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait kedalam ini.
 

Hubungan Antara Kedalaman dengan Sumur Bor

Pada daerah dataran rendah, sumber air dengan kualitas sedang rata-rata sudah bisa ditemui di kedalaman 6-10 meter saja. Kualitas air ini dipengaruhi oleh kontaminasi dari air sumur resapan. Kawasan rawan banjir bisa memperburuk kualitas air tersebut. 
 
Sementara pada daerah dataran tinggi, menemukan sumber air tanah bisa saja lebih sulit dengan kedalaman yang bisa mencapai lebih dari 20 meter dengan air yang  tidak seberapa besar. Aka tetapi, air yang kuantitasnya tidak sebanyak di daerah dataran rendah ini memiliki kualitas yang lebih baik, bahkan bisa langsung dikonsumsi.
 
Sumur Bor Air
 
Apabila Anda ingin mendapatkan air denan kualitas yang layak di daerah Anda, sebenarnya tidak perlu mencemaskan masalah kedalaman di atas. Pasalnya, jika pekerjaan pembuatan sumur dilakukan dengan baik maka Anda tetap bisa mendapatkan air berkualitas dengan kuantitas yang cukup. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pemahaman akan struktur tanah di lokasi pengeboran serta kemampuan menemukan sumber air tanahnya sendiri.
 

Untuk Lokasi Dataran Rendah

Di lokasi dataran rendah, Anda perlu memastikan apakah pada kedalaman kurang dari 10 meter tersebut struktur tanah masih mengandung lumpur, pasir, batu ataupun cadas. Lanjutkan pengeboran hingga enemui lapisan tanah yang berpasir ataupun tanah cadas meskipun sudah bertemu dengan sumber air. 
 
Apabila terdapat efek resapan dari sumber air dangkal, maka lubang sumur bor bisa menggunakan pipa casing sampai melewati batas lapisan tanah yang berlumpur. Sehingga dapat mengurangi tingkat kontaminasi lumpur dan air yang keluar bisa lebih bersih, meringankan kerja filter air. 
 

Untuk Lokasi Dataran Tinggi

Salah satu masalah yang akan dihadapi saat ingin membuat sumur bor di daerah dataran tinggi adalah tingkat kedalaman yang akhirnya membutuhkan banyak biaya. Selain membutuhkan banyak biaya untuk proses pengeboran dan pipa, Anda juga perlu mengantisipasi ancaman kerusakan oleh pergerakan tanah, batu dan berbagai kemungkinan lain.
 
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan sumber air yang layak, tidak bisa hanya didasarkan pada kapasitas air yang banyak atau tingkat kedalaman. Masalah yang juga dihadapi dari pengeboran yang dalam adalah menemui lapisan tanah kosong yang justru menghisap air yang sudah ditemui sebelumnya. Ada baiknya untuk mempercayakan pembuatan sumur bor semacam ini kepada tenaga ahli yang sudah berpengalaman dengan peralatan yang memadai.