Inilah 5 Cara Efektif Membasmi Hama dengan Alami

Hama merupakan pengganggu yang terkadang menciptakan masalah tiada henti. Baik hama tanaman maupun hama rumah, binatang-binatang tersebut selalu menemukan cara untuk mengganggu Anda, tidak peduli bagaimanapun cara Anda untuk menghindarinya. Membasmi hama bukanlah perkara mudah karena harus disesuaikan dengan karakteristik hama pengganggu tersebut.

jjasa pest control

Apabila Anda ingin membasmi hama tanaman, tentu saja Anda membutuhkan pengetahuan tentang apa yang tidak disukai oleh hama tanpa merusak tanaman. Namun jika Anda ingin membasmi hama rumah seperti rayap dan kecoa, Anda perlu menemukan cara yang tepat untuk mengusir binatang tersebut tanpa membahayakan penghuni rumah. Simak 5 cara efektif membasmi hama secara alami berikut ini.

Tips Membasmi Hama Secara Alami

1. Bawang

Jika tanaman Anda diganggu oleh hama seperti semut, lalat buah, ulat, tungau, atau belalang, gunakan bawang sebagai pengusir alami. Bawang mempunyai aroma kuat yang tidak disukai oleh hama-hama tersebut. Dengan menyemprotkan larutan bawang pada sore hari, tanaman Anda akan bersih dari hewan pengganggu.

Untuk membuatnya, campurkan 1 ons bawang putih, 1 ons daun tomat, dan 1 batang serai. Haluskan semua bahan, campurkan dengan 1 liter air dan rebus hingga mendidih. Saring larutan dan masukkan ke dalam wadah penyemprot. Aplikasikan secara merata pada sore hari, niscaya hama tersebut akan hilang dengan sendirinya.

2. Tembakau

Selain bawang, Anda juga bisa memanfaatkan tembakau untuk mengusir hama secara alami. Tembakau bisa digunakan untuk mengusir aphids, belalang, kutu kebul, dan kutu daun. Caranya, rebus 2 liter air dan 4 ons tembakau. Tunggu hingga air menyusut menjadi setengahnya. Saring larutan tersebut dan dinginkan. insektisida alami ini bisa digunakan pada sore hari.

jasa anti rayap jakarta

3. Larutan sabun

Anda punya masalah dengan rayap? Gunakan cara ini untuk membasmi rayap secara alami dari rumah. Larutan sabun menjadi solusi mudah untuk terhindar dari gangguan rayap. Untuk membuat larutan ini, campurkan 4 sdm sabun cair dengan segelas air. Aduk hingga menyatu. Masukkan larutan sabun ke dalam botol spray dan semprotkan pada bagian yang diserang rayap.

Sabun berfungsi untuk mengganggu sistem pernapasan rayap. Dengan menyemprotkan larutan ini, rayap akan mati dengan sendirinya. Anda bisa melakukan penyemprotan secara rutin, beberapa kali dalam sehari agar rayap bisa teratasi dengan lebih cepat.

Selain menggunakan larutan sabun, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah hama rayap. Larutan garam menjadi solusi alami yang juga bermanfaat membasmi rayap secara alami. Hampir sama dengan sabun, garam mampu mengganggu pernapasan rayap sehingga dapat membunuh koloni dengan cepat.

Cara membuatnya cukup mudah. campurkan 1 liter air dengan 1 mangkuk garam dan aduk hingga garam larut sempurna. Masukkan ke dalam botol spray kemudian semprotkan pada kerumunan rayap. Dalam beberapa saat, koloni rayap tersebut akan mati dengan sendirinya.

Akan tetapi, jika cara alami ini tidak sempat untuk Anda lakukan, Anda bisa menggunakan jasa anti rayap jakarta ini lho. Hasilnya sangat memuaskan.

4. Kapur sirih

Tips membasmi hama dengan cara alami berikutnya adalah menggunakan kapur sirih. Bahan ini memang telah sejak lama dikenal dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Selain untuk kesehatan, kapur sirih juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi hama berupa semut serta kutu putih pada tanaman. Anda hanya perlu membuat larutan kapur sirih kemudian semprotkan pada tanaman.

5. Lemon

Jika Anda mempunyai masalah dengan hama kecoa di sekitar rumah, gunakan lemon sebagai pembasmi kecoa alami. Lemon mempunyai aroma menyegarkan yang tidak disukai oleh kecoa. Untuk memanfaatkan buah yang satu ini, peras jeruk lemon kemudian campurkan air perasan dengan air biasa. Masukkan ke dalam spray and semprotkan pada tempat yang Anda inginkan.

Berikut inilah 5 cara efektif dalam membasmi hama dengan alami, Jika Anda tidak ingin repot-repot membasmi hama, kami merekomendasikan jasa pest control untuk Anda.