Cara Membuat Bunga Papan Sendiri Secara Sederhana

bunga papan

Biasanya ketika seseorang mengadakan ulang tahun, pesta pernikahan, atau sedang menyelenggarakan acara-acara lainnya, para kolega dan kenalan dekat pasti akan mengirimkan bunga papan sebagai salah satu cara memberikan dukungan. Bunga yang terangkai apik di papan tersebut digunakan sebagai sarana ucapan congratulation kepada yang bersangkutan.

Nah, selama ini kita tahu jika bunga papan pasti dipesan di toko bunga. Lalu bagaimana jika kita membuat sendiri rangkaian bunga tersebut? Penasaran kan akan seperti apa jadinya?

Memang merangkai bunga tidaklah semudah kelihatannya. Namun membuat bunga papan juga tidak sesulit yang dibayangkan lho. Kita hanya perlu wawasan mengenai rangkaian huruf dan juga harus memiliki ketekunan seni yang cukup baik. Mari kita simak tips berikut ini untuk membuat bunga papan dengan cepat dan sederhana. Check this out!

  1. Persiapkan Bahan

Langkah ini merupakan langkah awal dalam merangkai bunga di papan ucapan. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah kawat, bambu, cutter, Styrofoam, gunting, cat, palu, paku, lem, daun, dan tentu saja bunga segar berbagai jenis.

  1. Pemasangan Styrofoam

Langkah selanjutnya adalah memasang Styrofoam yang sudah dipotong sebelumnya memakai cutter. Pemotongan ini sesuai bentuk yang diinginkan. Setelah dipotong, Styrofoam dipasang di rangka kayu pada papan menggunakan kawat yang telah disediakan. Hal ini dimaksudkan agar Styrofoam kuat dan tidak mudah lepas.

  1. Pengecatan Styrofoam

Setelah posisi dirasa pas, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengecat Styrofoam sesuai tema yang diinginkan. Cara lainnya adalah melapisi Styrofoam dengan kain.

  1. Menghias Styrofoam

Setelah dicat, Styrofoam bisa dihias dengan berbagai macam huruf yang membentuk kata atau ungkapan kepada yang nantinya ditujukan. Huruf-huruf tersebut ditempel di papan memakai lem yang tadi sudah disiapkan. Selanjutnya huruf tersebut dapat diwarnai sesuai yang kita mau. Setelah huruf selesai terpasang, kita bisa mulai menghias tepian Styrofoam dengan berbagai jenis rangkaian bunga. Selain untuk mempercantik tampilan papan, rangkaian bunga ini juga digunakan sebagai bingkai.

  1. Rapikan Hiasan

Setelah semuanya selesai dihias, cek kembali hiasan yang dibuat. Rapikan papan bunga jika belum terlihat rapi nan cantik. Pokoknya, buatlah sekreatif mungkin sesuai idemu, namun jangan kesampingkan keindahannya.

  1. Membuat Kaki Penyangga

Agar papan bunga bisa berdiri sempurna, tentunya membutuhkan bunga penyangga. Untuk membuatnya, kita bisa menyiapkan rangka kayu atau bamboo yang dipaku rapi dan kuat.

  1. Pasang Bunga Papan

Setelah semua tahapan dilakukan, kamu bisa mulai memasang papan dan penyangga lalu menalikannya dengan kawat agar tidak gampang jatuh.

Bagaimana? Mudah, bukan? Itulah cara membuat bunga papan secara cepat dan sederhana. Semoga bermanfaat.