Tips Memilih Tabir Surya Untuk Perawatan Kulit

Sunblock atau biasa disebut dengan tabir surya adalah suatu produk yang bisa membantu melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Tabir surya ini memiliki manfaat untuk melindungi kulit kita dari radikal bebas sinar matahari yang berkisar diantara jam 10 pagi juga dan jam 4 sore.

Pada jam-jam itu sinar matahari pada titik terkuatnya namun bukan berarti diluar dari jam itu kita bebas berpanas-panas. Panas matahari tetap memberikan efek buruk terhadap kulit di jam berapapun hanya dengan persentase yang kecil.

Tabir Surya akan membantu mencegah kulit kita dari penuaan dini, flek hitam, kerutan di wajah ataupun di bagian kulit yang lain dan pada kasus yang lebih parah memicu terjadinya penyakit kanker kulit. Maka dari itu penting untuk kita melindungi tubuh dari sinar matahari dengan produk tabir surya.

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai tabir surya email melakukan perawatan kulit

  • Produk tabir surya yang beredar di pasaran sangat banyak bentuknya, mulai dari lotion, jel, sprei atau semprotan, tisu dan lain-lain.
  • Dalam beberapa produk kosmetik terkadang mengandung tabir surya seperti produk-produk pelembab, lipstik ataupun alas bedak.
  • Produk tabir surya memiliki berbagai macam jenis seperti perlindungan spektrum luas UV A dan UV B dan dan proteksi sinar matahari yaitu Sunscreen Protection Faktor (SPF), sedangkan untuk direkomendasikan adalah SPF dengan minimal diangka 30.

 

Dan berikut adalah sedikit penjelasan mengenai pentingnya anda untuk mengetahui SPF dari sebuah produk tabir surya.

 

1. Sunscreen Protection Faktor (SPF)

Pengertian dari SPF ini adalah kemampuan bahwa produk tabir surya hanya dapat melindungi kulit dari efek pembakaran yaitu dari sinar jenis UV B. Sinar matahari jenis UV B ini yang dapat menyebabkan efek Terbakar pada kulit. Semakin tinggi nilai dari SPF maka semakin tinggi pula perlindungan terhadap sinar UV B.

Tabir surya dengan SPF 15, 30, 50 dan bahkan 100 juga tersedia di pasaran. Semakin besar nilai SPF yang kita pilih maka semakin besar pula perlindungan yang diberikan terhadap Sinar jenis UV B.

Untuk produk tabir surya dengan jenis SPF 15 atau lebih rendah biasanya akan disertai label dengan keterangan bahwa produk ini hanya bekerja pada titik mencegah efek terbakar, tetapi tidak mencegah terjadinya penyakit yang lebih parah seperti kanker kulit atau penuaan dini.

2. Tabir surya dengan efek spektrum luas

Maksudnya adalah bahwa produk tabir surya dapat melindungi jenis sinar matahari UV A ataupun UV B. Biasanya akan mengandung beberapa bahan seperti Titanium dioksida, dan juga ecamsule.

Maka dari itu bila ada produk tabir surya dengan spektrum luas dan SPF 15 berarti produk tersebut memiliki kemampuan mencegah efek terbakar di kulit dan juga mencegah terjadinya penyakit kanker kulit.

3. Tabir surya yang tahan dengan air

Produk ini digunakan pada saat berenang atau kita sedang berkeringat. Produk ini mengklaim bahwa tabir surya tidak akan hilang atau larut karena keringat ataupun air.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya anda tahu dalam menentukan produk yang akan kita pilih. Tabir surya adalah produk yang memang penting bagi pria ataupun wanita untuk melindungi kulit karena radikal bebas dari matahari.

Meskipun kita di dalam mobil jika terkena sinar matahari pun tetap mendapatkan efek dari radikal bebas sinar matahari. Maka penting sekali buat kita yang sering beraktivitas di luar rumah untuk selalu menggunakan tabir surya.

Bila karena sesuatu dan lain hal kulit anda menghitam, anda bisa mencoba cara alami memutihkan kulit wajah dengan jeruk nipis. Banyak artikel di internet yang membahas bagaimana memutihkan kulit wajah secara alami.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba.