Langkah Memulai Bisnis Bakery Untuk Pemula

Langkah Memulai Bisnis Bakery Untuk Pemula – Bisnis makanan memang masih menjadi primadona di tengah masyarakat. Belakangan ini kita pasti menyadari pesatnya pertumbuhan  bisnis makanan dan minuman seperti kedai kopi ataupun gerai bakery di mal-mal seantero Jakarta berkat perubahan gaya hidup masyarakat. Ya, meskipun merupakan negara yang sebagian besar penduduknya mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, penganan roti rupanya juga menjelma menjadi makanan kesukaan penduduk Indonesia.  Seperti pernyataan yang dilansir dari velavinkabakery.com roti adalah makanan favorit nomor tiga di Indonesia setelah mi dan nasi menurut anggota Sub Industri Bakery dari Gabungan Pengusahan Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI). Bisnis bakery juga memiliki prospek yang cerah karena dianggap tidak terlalu terpengaruh oleh krisis ekonomi global. Tentu dengan adanya fakta ini bisnis bakery bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin terjun di dunia wirausaha.
 
 
Berikut adalah langkah memulai bisnis bakery untuk pemula yang bisa anda pelajari
 
A. Tentukan Lini Penjualan Roti di Bakery Anda
Produk bisnis anda atau dalam hal ini jenis roti yang anda sajikan di bakery anda tentu menjadi pertimbangan utama. Setiap jenis roti yang berbeda tentu juga memiliki cara pengolahan, bahan pendukung, hingga peralatan produksi yang berbeda. Berikut penjelasannya
 
[1]. Roti Konvensional
Roti tawar merupakan jenis yang paling banyak digemari oleh masyarakat karena dapat dikombinasikan sesuai dengan selera penikmatnya. Ada 2 jenis roti tawar yang banyak di cari yakni roti tawar biasa dan roti tawar bandung atau mini. Apabila bisnis bakery anda akan lebih berfokus sebagai pabrik roti tawar bandung konvensional dan beberapa roti isi, maka anda hanya memerlukan beberapa mixer industri sesuai kapasitas produksi anda dan beberapa bahan dasar dan pendukung. Anda tidak perlu punya kemampuan khusus untuk memproduksi roti ini selain dengan mengikuti teknik-teknik dasar produksi seperti pengaturan jumlah takaran bahan dan suhu pemanggangan yang pas. 
 
[2]. Roti Kustom
Seringkali bakery juga menyajikan penganan selain roti biasa seperti penganan kue yang sedang tren atau penganan klasik seperti kue-kue kering. Apabila anda memutuskan untuk fokus dengan usaha roti kustom seperti ini, anda harus sedikit peka baik dengan tren populer kue atau roti kekinian maupun dengan inovasi rasa yang akan disajikan oleh bakery anda. 
 
Tentukan Business Model Bakery Anda
 
Bisnis bakery termasuk salah satu bisnis yang paling fleksibel dari segi pendistribusian dan operasional. Roti yang identik dengan bisnis bakery dapat dinikmati di mana saja serta memiliki masa kadaluarsa yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan makanan pokok lainnya seperti nasi dan mi. Anda dapat memutuskan untuk membuka gerai saja atau mengoperasikan gerobak keliling yang menjajakan roti dari bakery anda. Berikut penjelasannya 
 
[1]. Gerai
Gerai roti merupakan jenis bakery yang cukup banyak ditemukan baik di pemukiman maupun di pusat-pusat perbelanjaan. Meski belum dapat menggeser nasi sebagai makanan utama, masyarakat pada umumnya tetap menyempatkan diri untuk berkunjung ke gerai bakery karena walau bagaimanapun juga, roti sudah menjelma menjadi bagian hidup orang Indonesia.  Seperti yang sudah di lakukan oleh velavinka bakery sudah lebih dari 3 tahun.
 
[2]. Gerobak atau Jemput Bola
Pengoperasian gerobak yang menjajakan roti atau menjemput bola langsung merupakan teknik penjualan yang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia, berbagai merek bakery legendaris biasanya memanfaatkan gerobak keliling untuk menjajakan roti produksinya hingga sangat dikenal oleh masyarakat. Bahkan model bisnis gerobak ini juga diandalkan oleh bakery-bakery dengan produksi massal. 
 
Atur Rencana Bisnis Anda
 
Setelah anda sudah menyiapkan lini produk dan jenis operasional bakery, anda harus mengatur detil rencana bisnis anda. Mulai dari alur kas keuangan atau cash flow,strategi promosi, hingga pengaturan personalia. 
 
[1]. Kas Keuangan
Alur kas keuangan merupakan elemen penting dari sebuah bisnis. Aturlah matang-matang pengeluaran bisnis anda untuk produksi perdana agar tidak sampai menguras modal. Yang perlu diperhatikan adalah anda harus bisa mengatur kas keuangan bisnis bakery anda setidaknya untuk jangka waktu 1 tahun ke depan agar bisa mengantisipasi hal-hal yang mendadak di masa depan.
 
[2]. Strategi Promosi
Promosi biasa dilakukan oleh suatu unit bisnis untuk mengenalkan usahanya atau untuk mengambil ceruk pasar. Anda boleh memikirkan strategi promosi untuk memperkenalkan bakery anda seperti pemberian potongan harga atau bonus untuk mendapatkan pelanggan baru. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan promosi individu yang dilakukan orang ke orang atau yang biasa dikenal sebagai WoM atau Word of Mouth. Untuk media promosi  sendiri bisa menggunakan media offline dan online. Media offline ini bisa menggunakan selebaran, billboard, spanduk, baliho dll. Untuk media online bisa menggunakan website, social media semisal facebook, instagram. Metode ini pun sudah di lakukan oleh velavinka bakery dalam menjalanan promosi usaha agar di kenal banyak orang.  
 
[3]. Pengaturan Personalia
Semakin bisnis anda berkembang, bisa jadi anda juga harus mempertimbangkan untuk menambah pegawai anda. Dengan pengaturan personalia yang baik anda dapat memastikan kesolidan bisnis serta hubungan yang baik antara pemilik bisnis dan pegawai. 
 
Demikian merupakan langkah-langkah dasar yang bisa anda pelajari apabila anda berkeinginan membuka usaha bakery. Satu hal yang harus diingat oleh pebisnis bakery pemula yaitu selalu utamakan pelanggan karena lanjut tidaknya bisnis anda sangat ditentukan oleh mereka.