Kamu Tidak Tau Apa Itu Stretcher Ambulance? Mungkin ini yang Kamu butuhkan

Apa sih stretcher ambulance itu? Mungkin bagi sebagian orang banyak ya yang belum pernah melihat salah satu perlengkapan satu itu atau ada yang sudah pernah melihatnya secara langsung tetapi tidak tahu nama perlengkapan dalam ambulance tersebut.

Stretcher yang biasa disebut dengan tandu atau brankar adalah salah satu alat yang digunakan untuk membawa dan memindahkan pasien yang tidak bisa berjalan atau kesulitan berjalan yang mana akan dipindahkan ke dalam ambulance atau dari ambulance dipindahkan ke rumah sakit. Alat perlengkapan satu ini memang wajib harus ada didalam ambulance.

Jenis Stretcher Ambulance

brankar ambulance

Tandu ambulance bukan hanya satu jenisnya, bahkan dipasaran anda akan menemukan berbagai jenis dari tandu ambulance ini. Bagi anda yang membutuhkan tandu satu ini, anda bisa memesannya secara online atau offline pada toko yang jual tandu ambulance ini.

Biasanya ketika anda berkunjung ke rumah sakit tentunya pernah melihat para perawat atau pekerja rumah sakit yang berseliweran mendorong seorang pasien menggunakan tandu bukan? Dan antara jenis tandu yang satu dengan yang lain pasti berbeda. Nah strecher Ambulance ini bisa kamu di dapat di web jualkerandaambulance.com

Nah, sebenarnya memang ada beberapa jenis stretcher ambulance yang ditemukan dipasaran, diantaranya:

  1.  Folding stretcher

Folding stretcher atau yang biasa disebut dengan tandu lipat mempunyai fungsi untuk mengevakuasi korban di lapangan. Sebagai contohnya ketika dalam pertandingan sepak bola dan biasanya ada salah satu pemain yang cidera lumayan parah sehingga tidak bisa berjalan, maka jalan alternatifnya adalah menggunakan tandu lipat ini untuk menandu pemain tersebut.

Selain itu folding stretcher juga bisa digunakan untuk mengevakuasi korban kecelakaan dan juga bencana alam yang terkena cidera ringan.

  1. Scoop stretcher

Pernahkan anda melihat penampakan scoop stretcher secara langsung? Mungkin jenis tandu satu ini tidak asing lagi ya bagi anda. Karena tandu ini sering terlihat digunakan untuk proses evakuasi dari korban bencana. Dimana biasa digunakan untuk daerah yang sulit dijangkau menggunakan stretcher ambulance.

Scoop stretcher biasanya dilengkapi dengan strap yang berguna untuk menahan posisi korban agar tidak terjatuh ketika dalam proses evakuasi berlangsung. Selain itu, rangka scoop stretcher juga terbuat dari bahan aluminium sehingga memudahkan dalam proses evakuasi korban.

  1. Ambulance stretcher

Jenis tandu satu ini merupakan tandu yang paling umum terpasang di kendaraan Ambulance, karena memang menjadi salah satu standar utamanya. Dimana berfungsi untuk mentransport korban atau pasien dari lokasi kejadian ke ambulance atau dari ambulance ke rumah sakit.

Selain itu, ambulance stretcher juga berfungsi sebagai salah satu emergency bed untuk pasien yang mana bisa diatur kenyamanannya. Intinya disesuaikan dengan keinginan si pasien. Selain itu, juga dilengkapi dengan strap yang berguna untuk menjaga pasien saat proses pemindahan berlangsung sehingga pasien tersebut tidak terjatuh.

  1. Automatic multipurphose ambulance

Jenis tandu satu ini sebenarya tidak jauh berbeda dengan ambulance stretcher tetapi sesuai dengan namanya tandu ini mempunyai lebih banyak kegunaan. Selain untuk memindahkan pasien dari lokasi kejadian, tandu ini juga berfungsi sebagai emergency bed dan juga kursi roda. Biasanya dipasang pada ambulance international.

  1. Landasan stretcher

Base plat ambulance stretcher merupakan alat yang dipasang dalam ambulance pada bagian lantai yang mana berfungsi sebagai landasan untuk menaruh stretcher. Dilengkapi dengan kuncian agar menjaga stretcher tidak goyang saat proses transport ke rumah sakit. Selain itu juga terdapat tempat untuk menaruh scoop stretcher di bagian bawahnya.

  1. Spinal board

Adalah salah satu jenis tandu darurat dan perangkat wajib untuk kendaraan rescue. Tandu ini dapat mengapung di air dan juga lebih ringan karena terbuat dari bahan plastic. Selain itu sering digunakan untuk mengevakuasi korban yang melewati medan sulit seperti sungai.